Skip to main content

4G Sekarang Ini Belum Cocok Di Indonesia




4G adalah kependekan dari “fourth generation”dan mewakili generasi keempat untuk standar komunikasi mobile. standar tersebut ditetapkan oleh International Telecommunication Union, dengan patokan kecepatan transfer data 100MB per detik.

Catat fakta ini: Sebenarnya tidak ada area teknologi komunikasi mobile yang mampu memenuhi standar ini. Secara teknis, implementasinya digunakan oleh kebanyakan provider telekomunikasi di dunia (dikenal dengan nama Long Term Evolution atau LTE). Secara teoritis mereka mampu memenuhi standar 4G, tapi saat ini belum mampu melakukannya. Yang lebih buruk, beberapa provider melekatkan ‘merek’ 4G tersebut pada ponsel meskipun ini hanya upgrade dari teknologi 3G.

Jadi, sebenarnya standar 4G yang ada sekarang masih ‘belum’ masuk kriteria 4G sesungguhnya. Meskipun demikian, ponsel yang bisa memanfaatkan jaringan tersebut dikatakan lebih cepat daripada menggunakan jaringan 3G biasa.

 
Apakah 4G memang lebih cepat daripada 3G?

 

Pada dasarnya, meskipun memang 4G yang sekarang digembar-gemborkan itu belumlah mencakup teknologi 4G yang sesungguhnya, akan tetapi jelas lebih cepat dari teknologi 3G. Berdasarkan pengalaman seorang pengguna ponsel berteknologi LTE, kecepatan downloadnya meningkat dari di bawah 1 Mbps hingga mendekati 14 Mbps – sebuah lonjakan yang signifikan – dengan syarat bahwa download tersebut dilakukan di area yang ter-cover oleh sinyal 4G. Di AS, provider penyedia sinyal 4G yang dikatakan sebagai yang terbaik adalah Verizon.


Bagaimana bisa mengukur kecepatan 4G?


Bila ingin memeriksa kecepatan 4G, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Speedtest.net untuk iOS atau Android. Aplikasi ini bisa membantu kamu menilai kecepatan download dan upload smartphone kamu. Tapi memang ini juga tergantung pada area berlakunya 4G.


Bagaimana dengan Indonesia? Kabar terbaru menyatakan bahwa layanan seluler generasi keempat (4G) dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) akan beroperasi di Indonesia mulai tahun 2013 memakai frekuensi 2,3 GHz yang juga ditempati oleh layanan Wimax. Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa teknologi LTE untuk seluler 4G memungkinkan untuk dihadirkan tahun depan tanpa perlu menunggu migrasi TV analog ke TV digital tuntas di 2018. Seperti diketahui, frekuensi 700 MHz yang saat ini ditempati oleh penyelenggara TV free to air masih dalam tahap migrasi ke layanan TV digital. Saat ini, Kementrian Telekomunikasi dan Informasi masih mencari frekuensi mana yang cocok untuk ditempati oleh teknologi 4G tersebut.

4G Yang Di Indonesia


Harga memang menjadi salah satu pertimbangan. Smartphone berteknologi 4G hingga kini masih di kisaran harga yang cukup fantastis. Masalah berikutnya adalah jangkauan area. Bahkan di AS sendiri, banyak area yang belum ter-cover oleh sinyal 4G.

Masalah terakhir adalah dalam hal baterai. 4G memang cepat, tapi memerlukan sinyal yang kuat untuk bekerja, dan ini memakan banyak tenaga. Saat ini di wilayah-wilayah dimana 4G bisa digunakan, smartphone dengan teknologi tersebut ‘berjuang’ untuk bisa bertahan menyala selama sehari dalam area 4G. Akan tetapi untunglah beberapa smartphone memiliki teknologi untuk menjadikan ponsel tersebut tetap berjalan hanya menggunakan sinyal 3G saja.

Kesimpulan akhirnya, teknologi 4G memang menjanjikan kecepatan download dan upload yang lebih baik untuk kamu yang menggilai aktivitas berinternet menggunakan smartphone. Tapi hal itu akan mengorbankan baterai dan juga tidak menjamin kamu akan mendapatkan sinyal yang sama di lokasi berbeda.

Di Indonesia, meskipun Kementrian Kominfo sudah menjanjikan tahun depan kita bisa merasakan sinyal 4G, tapi seperti biasa kita tidak dapat berpegangan pada janji politisi. Mungkin yang terbaik adalah, jangan terlalu silau pada ponsel premium yang menjanjikan fitur fantastis yang sebenarnya tidak bisa kita nikmati saat ini karena keterbatasan kemampuan negara kita sendiri. Lebih baik tunggu sampai aplikasinya benar-benar nyata.

Postingan Lainnya

Inilah Ciri-Ciri Cowok Gay/Homo Apa Kamu atau Teman Kamu termasuknya ?

Orientasi seksual seseorang sebenarnya tidak masalah dalam hal pertemanan. Tetapi akan menjadi masalah jika cowok yang saat ini sedang dekat atau berhubungan dengan Kamu ternyata seorang gay. Tidak bisa dipungkiri saat ini memang gay/homo sudah lumrah dan sejarah gay sudah ada dari jaman dahulu.

Agar Kamu tidak terjebak dalam hubungan yang tidak mungkin berhasil, kenali tanda-tanda cowok gay. Namun yang umum kita ketahui adalah cowok homo itu "ngondek" alias kemayu, padahal sebenarnya bisa saja cowok gay/homo itu bisa jauh lebih 'cowok' ketimbang cowok tulen. Contohnya jago berkelahi, memiliki tubuh yang bagus dan kekar dll. Memang susah mengenalinya, namun jika seseorang memiliki ciri-ciri dibawah ini, bisa dipastikan 99% seseorang itu adalah seorang gay/hom0

1. Gemar Memakai RiasanPerhatikan wajah cowok tersebut apakah terlihat menggunakan riasan. Tentu hal ini tidak berlaku jika profesinya menuntutnya untuk menggunakan riasan. Saat ia sedang menghabiskan wa…

Cara Mengatifkan Whatsapp Drak Mode

WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan hampir semua orang yang memiliki smartphone. Whatsapp ini sudah memliki 1.5 Milyar pengguna yang ada diseluruh dunia sehingga menjadi aplikasi chating yang paling banyak digunakan seluruh atero bumi ini. 

Aplikasi WhastApp ini sekarang menawarkan Dark Mode atau Mode Gelap yang dapat menggurahi cahaya yang masuk ke mata sehingga mata tidak mudah lelah.

Mungkin kini web,aplikasi,platfrom media sosial sudah menerapakan fitur Drak Mode agar penggunanya tidak monoton yang tampilannya itu-itu saja.

Dan Dark Mode mempunyai manfaat buat juga dimata agar tidak mudah berair matanya atau matanya cape.

Karema itu sekarang orang banyak menggunakan Dark Mode atau Mode Gelap tidak hanya melihat menariknya saja tapi juga manfaatnya juga.

 Yuks sekarang simak cara mengatifkan Dark Mode atau Mode Gelap dibawah ini :

1. Buka Aplikasi WhastApp



Yang pertama kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp kamu agar bisa mengikuti cara ini dengan baik dan bena…

Cara Menyimpan Story Whatsapp Orang Lain Tanpa Aplikasi

Whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini, dari anak kecil sampai orang tua sekarang bisa menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai alat berkomunikasi satu sama lain yang menggantikan SMS dijaman dahulu walupun sekarang ada orang yang masih menggunakan SMS untuk bertukar Informasi.

Dan banyak fitur yang ada didalam aplikasi Whatsapp contohnya saja Whatsapp Story yang dihadirkan pada tahun 2017 yang mengadapatasi aplikasi Snapchat. Instagram juga sekarang menbahkan fitur Instagram story seperti aplikasi Snapchat dan Whatsapp.

Dan tidak hanya Instagram,Whatsapp,Snapchat sekarang Facebook juga meluncurkan fitur story dimana kamu bisa berbagi gambar atau video. Dalam durasi video di aplikasi berbeda-beda contohnya saja untuk Whatsapp untuk durasinya adalah maksimal 30 detik dan Instagram selama 15 detik.

Bisanya orang berbagai story untuk membagikan aktivitasnya atau membagikan video lucu maupun informasi yang penting. Tapi tak jarang orang hanya pamer harta saja saat bua…

Cara Menambahkan Follower Instagram Dengan Cepat Tanpa Bot

Instagram merupakan media sosial yang hampir sebagian manusia di plant yang berisi 70% air dan sisanya daratan. Siapa sih yang gak kenal Instagram ? kecuali yang belum tau internet dimaklumi kalo belum tau apa itu Instagram. Dan banyak orang berbondong ingin berkeinginan mempunyai Follower banyak. Kenapa orang berkeinginan untuk mempunyai follower banyak ? karena mereka ingin lebih terkenal sehingga orang-orang berbondong-bondong ingin mempunyai follower banyak.

Instagram juga biasanya sarana untuk ajang pamer harta yang mereka miliki,tapi tak semuanya buat ajang pamer doang biasanya ada yang buat jual barang atau jasa Instagram. Instagram juga sebagai sarana berbagai informasi tentang makanan,agama,kesehatan dll.

Kenapa sih banyak orang ingin banyak follower selain ingin terkenal ? Instagram gak cuman buat ajang pamer doang tapi ada sisi positifnya juga yaitu kita bisa mendapatakan uang dari Instgram. Bagaimana cara kita dapet uang di Insatgram ? kita bisa dapet uang dari Instagram lew…