Skip to main content

4G Sekarang Ini Belum Cocok Di Indonesia




4G adalah kependekan dari “fourth generation”dan mewakili generasi keempat untuk standar komunikasi mobile. standar tersebut ditetapkan oleh International Telecommunication Union, dengan patokan kecepatan transfer data 100MB per detik.

Catat fakta ini: Sebenarnya tidak ada area teknologi komunikasi mobile yang mampu memenuhi standar ini. Secara teknis, implementasinya digunakan oleh kebanyakan provider telekomunikasi di dunia (dikenal dengan nama Long Term Evolution atau LTE). Secara teoritis mereka mampu memenuhi standar 4G, tapi saat ini belum mampu melakukannya. Yang lebih buruk, beberapa provider melekatkan ‘merek’ 4G tersebut pada ponsel meskipun ini hanya upgrade dari teknologi 3G.

Jadi, sebenarnya standar 4G yang ada sekarang masih ‘belum’ masuk kriteria 4G sesungguhnya. Meskipun demikian, ponsel yang bisa memanfaatkan jaringan tersebut dikatakan lebih cepat daripada menggunakan jaringan 3G biasa.

 
Apakah 4G memang lebih cepat daripada 3G?

 

Pada dasarnya, meskipun memang 4G yang sekarang digembar-gemborkan itu belumlah mencakup teknologi 4G yang sesungguhnya, akan tetapi jelas lebih cepat dari teknologi 3G. Berdasarkan pengalaman seorang pengguna ponsel berteknologi LTE, kecepatan downloadnya meningkat dari di bawah 1 Mbps hingga mendekati 14 Mbps – sebuah lonjakan yang signifikan – dengan syarat bahwa download tersebut dilakukan di area yang ter-cover oleh sinyal 4G. Di AS, provider penyedia sinyal 4G yang dikatakan sebagai yang terbaik adalah Verizon.


Bagaimana bisa mengukur kecepatan 4G?


Bila ingin memeriksa kecepatan 4G, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Speedtest.net untuk iOS atau Android. Aplikasi ini bisa membantu kamu menilai kecepatan download dan upload smartphone kamu. Tapi memang ini juga tergantung pada area berlakunya 4G.


Bagaimana dengan Indonesia? Kabar terbaru menyatakan bahwa layanan seluler generasi keempat (4G) dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) akan beroperasi di Indonesia mulai tahun 2013 memakai frekuensi 2,3 GHz yang juga ditempati oleh layanan Wimax. Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa teknologi LTE untuk seluler 4G memungkinkan untuk dihadirkan tahun depan tanpa perlu menunggu migrasi TV analog ke TV digital tuntas di 2018. Seperti diketahui, frekuensi 700 MHz yang saat ini ditempati oleh penyelenggara TV free to air masih dalam tahap migrasi ke layanan TV digital. Saat ini, Kementrian Telekomunikasi dan Informasi masih mencari frekuensi mana yang cocok untuk ditempati oleh teknologi 4G tersebut.

4G Yang Di Indonesia


Harga memang menjadi salah satu pertimbangan. Smartphone berteknologi 4G hingga kini masih di kisaran harga yang cukup fantastis. Masalah berikutnya adalah jangkauan area. Bahkan di AS sendiri, banyak area yang belum ter-cover oleh sinyal 4G.

Masalah terakhir adalah dalam hal baterai. 4G memang cepat, tapi memerlukan sinyal yang kuat untuk bekerja, dan ini memakan banyak tenaga. Saat ini di wilayah-wilayah dimana 4G bisa digunakan, smartphone dengan teknologi tersebut ‘berjuang’ untuk bisa bertahan menyala selama sehari dalam area 4G. Akan tetapi untunglah beberapa smartphone memiliki teknologi untuk menjadikan ponsel tersebut tetap berjalan hanya menggunakan sinyal 3G saja.

Kesimpulan akhirnya, teknologi 4G memang menjanjikan kecepatan download dan upload yang lebih baik untuk kamu yang menggilai aktivitas berinternet menggunakan smartphone. Tapi hal itu akan mengorbankan baterai dan juga tidak menjamin kamu akan mendapatkan sinyal yang sama di lokasi berbeda.

Di Indonesia, meskipun Kementrian Kominfo sudah menjanjikan tahun depan kita bisa merasakan sinyal 4G, tapi seperti biasa kita tidak dapat berpegangan pada janji politisi. Mungkin yang terbaik adalah, jangan terlalu silau pada ponsel premium yang menjanjikan fitur fantastis yang sebenarnya tidak bisa kita nikmati saat ini karena keterbatasan kemampuan negara kita sendiri. Lebih baik tunggu sampai aplikasinya benar-benar nyata.

Postingan Lainnya

Perbedaan Antara Kyuubi Susanoo Madara dan Kyuubi Susanoo Sasuke

Dari macam-macam bentuk Susano o milik klan Uchiha, boleh dibilang Kyuubi Susanoo adalah bentuk terkuat. Dalam seri Naruto hanya dua orang yang bisa mengabungkan kedua kekuatan ini yaitu Uchiha Madara dan Uchiha Sasuk Kyuubi Susanoo Uchiha Madara Madara pertama kali menggunakan Kyuubi Susanoo saat melawan Hashirama Senju di manga Chapter 621. Terlihat Kyuubi memakai armor berwarna biru tua dengan bentuk hidung panjang (tengu khas Susanoo) dan ada 2 ekor Kyuubi yang memegang pedang. Hokage pertama memuji ide Madara untuk mengabungkan Susanoo dan Bijuu ini. Kekuatannya luar biasa sekali tebas gunung dan tameng dari Mokuton Goubi no Jutsu pun bisa terbelah. Jurus yang tak kalah dahsyat adalah pengabungan bijuu dama dengan pedang, pedang ikut terlempar bersama putaran bijuudama sehingga terlihat mirip rasengan shuriken. Susanoo Kyuubi mampu mengimbangi Senpou Mokuton Shinsuusenju (jurus andalan Hokage pertama). Kyuubi Susanoo Uchiha Sasuke Pertama kali muncul di Chapter 651, Naru

Cara Mengirim Foto/Video Di Whatsapp Tanpa Pecah(HD)

Bagaimana cara kirim gambar atau foto HD lewat WhatsApp? Mungkin di antara kalian para pengguna aplikasi WhatsApp masih mengirimkan foto atau gambar secara langsung dengan menggunakan ikon gallery/gambar. Cara tersebut dapat mengurangi kualitas foto yang kalian kirim yang dinamakan dengan teknik kompresi file. Misalnya saja, foto yang kalian kirim mempunyai ukuran sebesar 3MB (megabyte) ketika kalian kirim akan berubah menjadi 150KB (kilobyte) sehingga foto tampak blur, tidak tajam, dan pecah. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi size file yang kalian kirim sehingga dapat menghemat kuota atau paket data pengguna WhatsApp dan juga menghemat resource pada server WhatsApp. Selain itu, juga bertujuan untuk mempersingkat waktu pengiriman dan penerimaan file tersebut. Lalu, bagaimana jika kita ingin mengirim file atau foto asli tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa kamu coba untuk mengirim gambar HD di WhatsApp. Pertama, ubahlah cara mengirim fot

Cara Login Google Classroom Di Laptop/Smartphone Untuk Siswa dan Guru

Siapa sih yang ga tau google ? mungkin hampir kebutuhan manusia menggunakan fitur yang sediakan oleh google. Seperti contohnya saja google search yang digunakan setiap hari untuk mencari infromasi yang kita butuhkan atau juga google translate yang bisa gunakan untuk menerjemahkan berbagai bahasa sesuai dengan yang kita inginkan. Kita sekarang ini memiliki kergantungan kepada fitur yang digunakan oleh google. Jika suatu smartphone kita tidak memiliki google mungkin smatphone itu bisa dikatan separuh nyawanya hilang. Karena hampir semua aplikasi yang ada di smartphone menggunakan google, contohnya saja gmail,maps, dan masih banyak lainnya yang menggunakan google sebagai aplikasi pendukungnya. Salah satu fitur google hampir gunakan untuk saat ini adalah google classroom. Apasih itu google classroom ? Google classroom merupakan layanan gratis yang dikembangkan oleh google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kert

Apliaksi Berbahaya Bagi Android

pesatnya manusia dimuka bumi ini mendorong teknologi semakin pesat dan canggih pula, terutama pada Smartphone Android, yang memiliki aplikasi-aplikasi keren didalamnya, baik dari Google aplikasi resmi, hingga aplikasi download yang ada pada playstore maupun pada internet. Dibalik asal-asalan mendownload mengakibatkan ponsel Smartphone lebih riskan terkena "Malware". Apa itu Malware ?... Malware adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan merusak, dan menghancurkan jaringan yang ada pada perangkat. Tidak menutup kemungkinan Malware juga dapat meretas data yang kita miliki pada Smartphone kita, atau mencurinya. lalu aplikasi apa saja yang terindikasi sebagai Malware ? Mungkin kita pernah mendownloadnya dan tidak sadar bahwa aplikasi tersebut merupakan malware, setidaknya bisa mengantisipasi jika melihat aplikasi berbahaya ini. qrcode Compass Fruit Jump Tower Ball Number Shooter Kids Coloring Fruit Coloring Book Inongdan Begitu banyak aplikasi yang beredar dimasy